TF Churchy - шаблон joomla Книги
Print

Hari Menanam Pohon Indonesia 2016

Degradasi hutan dan lahan yang disebabkan oleh pembalakan liar, perambahan hutan, pengurangan kawasan hutan (deforestasi) untuk kepentingan pembangunan lain dan penggunaan lahan yang tidak memeperhatikan kaidahkaidah konservasi, berakibat terjadinya bencana banjir, kekeringan dan tanah longsor maupun kontribusi yang nyata terhadap pemanasan global.

Upaya memulihkan kerusakan hutan dan lahan dilaksanakan dengan merehabilitasi kembali hutan rusak dan lahan kritis melalui kegiatan menanam, baik secara keproyekan maupun gerakan menanam secara massal oleh masyarakat luas sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian terhadap upaya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan.

Berdasarkan keputusan presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 telah ditetapkan bahwa tanggal 28 Nopember sebagi Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional. Pencanangannya telah dilakukan oleh Presiden di Pusat Penelitian Limnologi, Cibinong Science Center, LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 28 Nopember 2008. Amanat Presiden pada saat pencanangan teresbut antara lain adalah meminta kepada kita semua untuk setiap penduduk minimal menanam satu pohon pada tahun 2009 yang selanjutnya dikenaldengan One Man One Tree (OMOT)

Pada hari kamis tanggal 15 bulan Desember 2016 SMAN 3 Batusangkar Kegiatan hari menanam pohon yang kita pusatkan di SMA Negeri 3 Batusangkar agar sekolah dapat terlindung dan juga bermanfaat karena disini kita mananam bibit buah seperti mangga, sirsak dan lain-lain. Pada kesempatan yang sama kepala SMAN 3 Batusangkar Bapak Drs. Asrul, menyampaikan ucapkan terima kasih karena lokasi sekolahnya dipilih sebagai tempat kegiatan hari menanam  pohon kali ini. Beliau menjelaskan saat ini lokasi sekolah masih kurang pohon pelindung, sehingga dengan kegiatan kali ini tentu nantinya sekolah akan menjadi hijau dan asri.

Pada kesempatan yang sama Bupati Irdinansyah, menyampaikan akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Datar, dengan berbagai upaya termasuk pembangunan infrastruktur, menyinggung pembangunan dua lokal di SMAN 3 Batusangkar yang saat masih belum selesai, bupati berjanji akan mengupayakan penyelesaian pembangunan tersebut jika pemprov belum bisa mengupayakan anggaran ke pusat. Mengenai penghijauan di lokasi sekolah ini Bupati himbau kepada semua pihak untuk dapat melaksanakan penanaman di lokasi sekolah yang saat ini masih kurang pohon pelindung, kepada siswa bupati berpesan untuk dapat menanam pohon meski dilingkungan sendiri, karena ini untuk kita juga terutama generasi kedepan.

 

Contact Info

Sekretariat :
Kompleks Pendidikan Bukit Gombak
Jl. Raya Batusangkar Bukit Gombak
Telp.  (0752)
Fax. (0752)

e-Mail :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tut Wuri Handayani

Tut Wuri Handayani