TF Churchy - шаблон joomla Книги
Print

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2017/2018

DSCN0001 FILEminimizer

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMPSMA, hingga perguruan tinggi. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.

MOPD dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOPD juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

 

Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah:

  1. Mengenali potensi diri siswa baru;
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Secara umum, tujuan diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki
  2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas\

 

SMA Negeri 3 Batusangkar pada tahun ajaran 2017/2018 ini menerima sebanyak 130 orang siswa yang akan di programkan untuk lima lokal dengan 2 jurusan IPS dan 3 Jurusan IPA, jumlah ini berdasarkan kuota yang telah di tetapkan oleh Dinas Pendidikan Sumatera Barat. Rangkaian tes telah dilaksanakan oleh para siswa sebelum resmi masuk ke SMA Negeri 3 Batusangkar mulai dari tes Akademik dan Wawancara.

Pada Senin tanggal 03 juli 2017 di mulai MPLS SMA Negeri 3 Batusangkar, di buka dengan Upacara Bendera yang di hadiri oleh orang tua siswa baru dan sebagai pembina upacaranya adalah Bapak Drs. Asrul, pembukaan MPLS juga beriringan dengan awal baru bagi kelas XI dan XII. MPLS tahun ajaran 2017/2018 memiliki Program yang di beri nama “ Bridging Course”  yang bertujuan untuk Menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif bagi siswa baru dan mesti mengenal konsep belajar pendidikan abad 21 dalam kerangka kurikulum 2013 yang berdasar kepada penguatan pendidikan karakter, literasi, berfikir kritis, kolaboratif, kreatif dan komunikatif, dengan prinsip siswa baru agar memiliki bekal awal cukup baik sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran di SMA dengan baik kedepan.

Program ini di laksanakan utamanya oleh Mapel Peminatan yang ada di Kurikulum 2013 kelas X  beserta guru yang mengajar pada Mapel Peminatan ini, Bridging Course ini bisa di kenal dengan istilah Marketing mapel karena para guru yang mengajar di wajibkan mengambarkan Karakteristik Mapelnya dan bagaimana prospek kedepan dari Mapelnya ini agar menarik minat siswa baru.

Bridging Course di SMAN 3 Batusangkar di laksanakan semenjak hari Rabu (5 Juli 2017) sampai jumat (7 juli 2017) dan setiap akhir pelajaran akan di berikan tes tulis kepada siswa baru, dari hasil tes ini akan di gabungkan dengan nilai Psikotes dan Wawancara yang tujuan akhirnya untuk menentukan para siswa berada pada Jurusan IPA atau IPS sesuai dengan kemampuannya.

IMG 7392 FILEminimizer

Ucapan terimakasih kepada orang tua / wali siswa yang telah hadir dalam upacara pembukaan dan panitia MPLS 2017/2018 Bapak Editiwarman selaku ketua panita dan terkusus kepada anak – anak kami yang tergabung di dalam OSIS SMAN 3 Batusangar yang telah membimbing dan melatih adik-adiknya untuk memperkenalkan sekolah ini dengan baik.

Semoga para siswa baru tahun ajaran 2017/2018 ini bisa mengembangkan diri yang lebih berkarakter di lingkungan barunya dan menjadi kebanggaan orang tua untuk mencapai cita-cita yang di inginkan di masa depan nantinya. Aamiin ya rabbal allamin.

 

 

Contact Info

Sekretariat :
Kompleks Pendidikan Bukit Gombak
Jl. Raya Batusangkar Bukit Gombak
Telp.  (0752)
Fax. (0752)

e-Mail :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tut Wuri Handayani

Tut Wuri Handayani