Jumat, 19 Apr 2024
  • Website Resmi SMA N 3 Batusangkar ” Unggul dalam Prestasi, Berkarakter, Bertaqwa dan Berwawasan Lingkungan "

Strategi Belajar Efektif di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun. Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Sars-Cov-2 dari jenis Coronavirus. Penyakit ini menular dengan sangat cepat dari manusia ke manusia lainnya dengan gejala demam, batuk kering dan sulit bernapas. Berdasarkan data dari WHO, diketahui bahwa sebanyak 489.179.533 orang telah terkena penyakit ini sejak awal penyakit ini muncul. Walaupun virus ini tidak menimbulkan gejala yang parah, namun penakit ini sangat berbahaya bila terkena pada lansia, bayi maupun orang dengan penyakit bawaan. Hal ini karenakan virus Sars-Cov-2 tersebut dapat memperburuk keadaan si penderita dan meyebabkan kematian.

Pemerintah telah melakukan banyak upaya dalam penanggulangan Covid-19. Mulai dari menetapkan protokol kesehatan yang ketat dalam upaya pencegahn dan penanggulangan, hingga menyediakan sarana khusus dalam proses pengobatan Covid-19. Dalam hal pendidikan, pemerintah bahkan meliburkan sekolah-sekolah dan mencari solusi lain agar kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana. Upaya yang dilakukan adalah melakukan pembelajaran “daring” atau dalam jaringan. Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet.

Belajar secara online tentu akan terasa berbeda dibandingkan belajar tatap muka secara langsung. Bagi sebagian siswa, mungkin saja akan terasa efektif, namun bagi sebagian lainnya akan sulit untuk memahami pelajaran dengan baik. Belajar efektif adalah dapat memahami pembelajaran dengan mudah ketika melakukan pembelajaran. Lalu bagaimana sih agar kita dapat belajar secara efektif di masa pandemi? Berikut adalah cara-cara agar dapat belajar dengan efektif.

  1. Manajemen waktu

Kita harus pandai dalam mengatur waktu belajar, misalnya dengan cara membuat jadwal belajar. Dikutip dari PSB Academy, penelitian menunjukkan bahwa waktu belajar yang efektif itu adalah antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang dan 4 sore sampai 10 malam. Nah, kalau kamu waktu efektif belajarnya jam berapa nih? Yang pasti, waktu belajar efektif seseorang tergantung orang tersebut.

2. Ruang Belajar yang nyaman

Buatlah rangan belajarmu senyaman dan semenyenangkan mungkin. Kamu bisa menata ulang ruang belajarmu, menempelkan kata-kata motivasi dan melakukan apapun yang bisa menumbuhkan semangat belajar. Hal seperti ini akan sangat berguna untuk mengurangi rasa malas ketika belajar. Usahakan ruangan tidak berisik sehingga konsentrasi penuh dan belajar menjadi lebih efektif.

3. Buat ringkasana materi

Kenapa hal ini sangat diperlukan? Karena dengan menulis ulang materi yang telah dipelajari akan sangat membantu dalam mengingat pembelajaran tersebut. Ringkasan juga akan sangat membantu dalam memahami pembelajaran.

4. Hindari Ditraksi

Mengurangi sesuatu yang dapat mengganggu kegiatan belajar dapat meningkatkan fokus otak dalam memahami bacaan maupun pembelajaran yang sedang dilakukan. Hal –  hal yang dapat mengganggu ini dapat berupa pendengaran maupun penglihatan.

5. Tidak menunda-nunda

Menunda-nunda akan membuat kamu tidak bisa mencapai sasaran yang kamu inginkan. Menunda-nunda juga akan membuat kamu kehilangan banyak waktu yang berharga. Hal yang seharusnya bisa dikerjakan dengan cepat, akan menjadi lama terselesaikan akibat menunda-nunda. Oleh karena itulah, jangan pernah menunda-nunda.

Nah, itulah dia strategi agar tetap efektif belajar di masa pandemi. Terbatasnya aktivitas selama pandemi bukan alasan untuk malas belajar!

Operator Sekolah

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR