Jumat, 19 Apr 2024
  • Website Resmi SMA N 3 Batusangkar ” Unggul dalam Prestasi, Berkarakter, Bertaqwa dan Berwawasan Lingkungan "

Mengapa Harus Memilih SMAN 3 Batusangkar

“Life is choice” hidup adalah pilihan, ini merupakan kata-kata bijak. Memang benar bahwa dalam hidup hampir semua orang melakukan pilihan. Mereka memilih dengan siapa bergaul, bagaimana cara bersikap dan bagaimana cara untuk tampil. Untuk hal-hal kecil, hampir semua orang memilih pakaian yang berkualitas, makanan yang sehat, permainan yang bermanfaat, tempat berlibur yang menyenangkan, dan lain-lain.

Demikian juga kebutuhan untuk pendidikan, umumnya orang memilih sekolah yang berkualitas. Seseorang yang telah memilih sekolah yang tepat akan berdampak positif bagi kemajuan pribadinya untuk mewujudkan cita-citanya di masa depan.

Setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat SLTP, di SMP dan Madrasah Tsanawiyah, para peserta didik melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTA, seperti ke SMA. Sebagian dari mereka memilih studi ke SMAN 3 Batusangkar. Mengapa harus memilih tempat studi di SMAN 3 Batusangkar?

Belajar di SMAN 3 Batusangkar tidak hanya sekedar belajar dalam kelas dan menyelsaikan PR-PR semata. Di sekolah ini peserta didik akan memperoleh banyak pengalaman akademik dan non-akademik dari para guru dan teman-teman sebaya mereka. Para peserta didik tumbuh menjadi generasi muda yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, kemampuan berkomunikasi, rasa tanggung jawab, keberanian, dan disiplin diri yang mantap.

Disamping itu para peserta didik juga akan memiliki pengalaman berorganisasi, kepemimpinan dan kerja sama. Keberadaan masjid yang megah dan fasilitas olah raga sebagai sarana membangun sikap religius yang dalam dan mentalitas yang kuat. Mengapa harus memilih SMAN 3 Batusangkar sebagai tempat studi ? Karena semua peserta didik akan bersinergi dan berkolaborasi dengan majelis guru dan peserta. Semua ingin mewujudkan moto “Maju bersama-Hebat semua”.

Mengapa dan bagaimana dengan SMAN 3 Batusangkar ? Pada mulanya sekolah ini merupakan SMA unggulan di Kabupaten Tanah Datar. Seiring waktu sekolah ini bergerak menjadi sebuah “boarding school” atau sekolah berasrama. Sekarang sekolah ini merupakan salah satu SMA unggulan di Propinsi Sumatera Barat, dengan Akreditasi “A”.

SMAN 3 Batusangkar juga terpilih dengan predikat sebagai:

1). Sekolah Ramah anak, dipastikan di sekolah ini peserta didik belajar dengan nyaman, memperoleh pelayanan keunggulan dan bebas dari budaya “bullying”.

2). Sarana Boarding school dengan berbagai program keunggulan untuk memberi nilai tambah bagi peserta didik.

3) Meraih predikat “Sekolah Adiwiyata”, secara internasional disebut pula dengan Green School, yaitu sekolah yang hijau, bersih dan sehat, sehingga nyaman dalam belajar.

Beberapa prestasi lain yang juga diraih oleh sekolah ini, seperti:

4). Sebagai Sekolah Unggulan peringkat 9 untuk prestasi UTBK tahun 2020, Peringkat 7 untuk prestasi UTBK tahun 2021 dari lebih kurang 555 SMA/MA di Sumatera Barat

5. SMAN 3 Batusangkar, selama 3 tahun berturut-turut terpilih sebagai “Sekolah Berintegritas”.

Berikut capaian prestasi pada tingkat nasional yang di raih oleh majelis guru dan para peserta didik SMAN 3 Batusangkar:

-Marjohan, M.Pd, meraih guru berprestasi peringkat 1 Nasional.

-Dini Meizona, S.Si meraih laboran peringkat 1 Sumatera Barat, dan peserta Laboran

berprestasi tingkat nasional.

-Alfion, S.Ag, sebagai qori peraih MTQ PGRI peringkat harapan 3 tingkat nasional.

– Martalius, S.Pd, meraih peringkat 10, lomba konstitusi tingkat nasioal.

Pencapaian prestasi akademik dan non-akademik oleh peserta didik SMAN 3 Batusangkar di tingkat nasional:

– Muhammad Fachri, sebagai Tim Paskibra tingkat nasinoal di Istana Negara.

– Agustina, meraih OSN untuk bidang Astronomi.

– Farel Fadwa, meraih OSN untuk bidang Kmia.

– Afdi Gusril, meraih OSN untuk bidang Kebumian

– Sarah El Ghinaya, meraih OSN untuk bidang Geografi.

– Alex Pabilo dan Fasha Miftahul Akbar, terpilih sebagai utusan Pertukaran Pelajar

Nasional.

– Muhammad faris Cs meraih peringkat 2 propinsi FLS2N cabang film pendek

– Raushan Fekri El Idhami, meraih peringkat 1, lomba poster Tata Ruang tingkat nasional

– Arif Rizaldi, sebagai utusan propinsi Sumbar untuk Forum Anak Nasional.

– Puja Ayuni Bestari, sebagai utusan propinsi Sumbar untuk Forum Anak Nasional.

Data-data di atas memberikan gambaran kualitas SMAN 3 Batusangkar di tingkat nasional. Data-data di atas juga memberikan alasan bagi kita mengapa harus memilih SMAN 3 Batusangkar sebagai tempat studi lanjutan setelah lulus dari bangku SLTP.

(prepared by: Marjohan M.Pd and Hendra Zuher, M.Pd).

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR